feature content slider

Chiffon black cofee

Photo
Chiffon black cofee 
Bahan-bahan
1 loyang
Bahan A :
7 Kuning telur
120 ml minyak goreng
90 ml susu cair
30 g kopi asli robusta bubuk (resep asli pakai kopi ka**l api)
3 sdm Susu kental manis putih
120 g tepung protein rendah
15 g cokelat bubuk hitam noir (resep asli pakai cokelat bubuk)
Bahan B :
7 putih telur
1 sdm krim of tar tar
140 g gula halus
Sejumput garam
Saus kopi sederhana :
80 g Susu kental manis
1 sdm minyak sayur
50 cc susu cair putih
2 sdm kopi bubuk robusta (resep asli kopi bubuk ka**al api)
Larutan maizena + air (untuk mengentalkan)
Langkah membuatnya :
1. Panasi susu cair serta kopi, saring
2. Panasi semuanya bahan, paling akhir masukan larutan maizena sampai kekentalan yang dikehendaki
3. Done
Langkah

Sediakan dahulu Bahan A


Bahan B


Bahan untuk saus kopi simple


Langkah buat :
Bahan A : Panasi susu yang digabung dengan kopi, matikan api, saring serta sisihkan. Kocok terlepas kuning telur 1 menit dengan whisk lalu. Di wadah terpisah, masukan tepung terigu, cokelat bubuk hitam, minyak sayur, kopi yang telah di saring, susu kental manis, serta kuning telur yang sudah di kocok barusan. Semuanya di kocok dengan whisk hingga licin seperti gambar no 4. Sisihkan


Lanjut ke bahan B. Nah pelaksanaan bahan B ini wadahnya harus bener-bener kering, bersih, bebas dari lemak. Serta jangan pernah ada kuning telur sedikit juga yang tercampur di putih telur ini. Maka dari itu saya mulai sejak awal hati-hati banget misahin pada putih serta kuning telurnya ini. Karna kelak gak juga akan dapat naik adonannya waktu di mixer.
Nah lanjut stepnya..
Bahan B : kocok putih telur, krim of tartar serta garam hingga 1/2 mengembang, masukan gula halus dengan bertahap (3x) hingga stiff peak


Oh iya, ketika masukan gula dengan bertahap yang saya hingga 3x itu tujuannya yaitu agar adonan dapat mengembang maksimum serta gak berat waktu di mixer. Memanglah bila gula halus disekaliguskan juga juga akan ngembang, tapi ngembangnya adonan akan tidak semaksimal bila gula halus dimasukkan dengan bertahap. Manfaat yang lain yaitu supaya kelak adonannya saat di panggang lebih stabil serta gak gampang kolaps.


Sesudah usai kerjakan bahan A serta B. Jadi waktunya kita satukan ke-2 bahan ini. Ingat! Waktu mencampurkan ke-2 bahan ini, gak usah pakai mixer ya. Cukup pakai spatula saja. Serta bahan yang enteng (bahan B) masuk ke bahan yang berat (bahan A) dengan tehnik aduk balik.


Sesudah adonan A serta B rata. Tuangkan dalam loyang chiffon diameter 20-22cm (saya d 20cm) yang mana loyangnya tanpa ada di beri margarin atau apa pun yaa.

Panggang 160 C sepanjang 1 jam (saya pakai oven tangkring, di tunggulah hingga masak serta karna gunakan otang pemakaian api relatif kecil jika saya).

Yahh dasarnya ketahui ciri-khas oven semasing ya

Oh ya sebatas catatan, Tujuan loyang tidak di beri apa pun agar adonan dapat melekat dengan baik pada bebrapa bagian loyang waktu cake dipanggang


Sesudah masak, step setelah itu yaitu cepet-cepet tuch ditangkupkan chiffonnya diatas botol. Serta biarlah hingga suhu ruangan. Amannya sich 2 jam ya.. Sampeee bener-bener dingin.

dari yang saya baca-baca peranan membalikkan loyang cake dengan selekasnya mempunyai tujuan untuk menghindar cake mengerut, berkurang serta kehilangan volumenya. Serta di tangkupkan diatas botol kaca jadi penopang ini supaya cake tetaplah bersentuhan dengan udara terbuka.


Nah keliatan kan bocelnya.. Jadi klo gak ingin bocel-bocel. Sabar-sabar deh tunggulah ampe bener2 dingin chiffonnya. Baru deh di terlepas dari loyangnya. Sesudah ditangkupkan barusan, balik cake lalu sisir sepajang loyang dengan pisau. Berarti semuanya lingkaran yang dalam serta sisi luarnya saya sisir bebrapa perlahan ya.. janganlah rusuh hehe


Kemudian, dibalik sekali lagi serta sisi yang seperti kalian saksikan di photo itu. Di sisir sekali lagi dengan pisau selama lingkaran.


Nah sesudah usai, tinggal siram dengan saus kopi yang telah kita buat barusan. Taburi atasnya dengan kacang (kebetulan masih tetap berada di kulkas sisa buat martabak.. hehe. Optional lah klo ini, ingin pakai kacang almond slice dapat juga.. Ingin pakai sprinkle-sprinkle dapat juga.. Atau ingin pakai cokelat meises atau keju juga bisa dah..)

Usai deh.. Hidangkan serta nikmati
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANEKA CEMILAN SEHAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger