feature content slider

Jenis-jenis Cemilan Sehat Yang Bermanfaat Bagi Anak-anak

    Setiap orang tua pasti ingin melihat anak-anaknya tumbuh sehat dan lincah, karena itu orang tua selalu berusaha mencukupi nutrisi yang mendukung tumbuh kembangnya. Anak-anak biasanya mulai suka pilih-pilih makanan, sehingga orang tua harus lebih pintar dalam menyiasatinya, misalnya dengan menyediakan cemilan sehat sebagai pendamping aktivitasnya. Anda pasti bertanya, Adakah aturan khusus dalam memilih cemilan sehat? Lalu, apa saja sih jenis-jenis cemilan sehat untuk anak?
Cemilan bisa dikatakan sebagai kebutuhan anak, perutnya yang masih kecil membuat anak-anak tidak cukup mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhan dalam seharinya jika Anda hanya mengandalkan pemberian makan pagi, siang atau malam. Anak-anak membutuhkan makanan dalam porsi kecil tetapi sering. Untuk itu selain menyediakan makanan pokok yang sehat, Anda juga harus menyediakan cemilan yang sehat pula. Sebelum Anda mengetahui tentang jenis-jenis cemilan sehat untuk anak, simak aturan dalam memilih cemilan untuk anak berikut ini :
  • Cemilan harus mengandung nutrisi penting sebagai tambahan bagi asupan nutrisi keseharian
  • Cemilan tidak boleh mengandung zat-zat berbahaya, seperti MSG, pewarna, dan lain-lain
  • Cemilan tidak boleh terlalu manis, karena akan menyebabkan konsentrasi anak terganggu, obesitas, dan lain-lain.
  • Cemilan harus diberikan sesuai porsi anak
  • Cemilan diberikan diantara waktu makan
Nah, jenis-jenis cemilan sehat untuk anak, diantaranya adalah :
  • Sayur dan buah-buahan
Buah dan sayuran mengandung nutrisi penting yang mendukung tumbuh kembang anak, misalnya vitamin, serat,mineral dan masih banyak nutrisi lainnya. Banyaknya nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur tersebut membuat keduanya sangat cocok menjadi cemilan bagi anak. Penyajian kedua bahan ini sangat mudah, misalnya di buat jus, cake (cake wortel, cake pisang, dan lain-lain), puding, di kukus, atau bisa dimakan langsung untuk buah-buahan.
camilan sehat untuk anak
  • Cemilan berbahan gandum/sereal
Cemilan jenis ini memiliki kandungan yang penting untuk mendukung aktivitas anak, misalnya serat dan karbohidrat kompleks. Beberapa makanan tersebut, misalnya : oatmeal, cereal, cracker, dan lain-lain.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
Cemilan ini merupakan sumber protein dan lemak yang baik bagi tubuh, misalnya susu kedelai, bubur kacang hijau, kacang polong kukus, dan lain-lain.
  • Produk susu
Cemilan jenis ini jelas mengandung nutrisi penting bagi tubuh, misalnya kalsium, protein, lemak, dan masih banyak yang lainnya. Cemilan dari bahan susu diantaranya, susu segar, yogurt, keju, milkshake, dan lain sebagainya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANEKA CEMILAN SEHAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger