feature content slider

Tips Memilih Cemilan Sehat

Mungkin banyak dari Anda yang gampang tergoda dengan makanan ringan atau cemilan yang berwarna cerah karena tampak segar dan nikmat, atau tergoda dengan yang memiliki bentuk menarik, meskipun sebenarnya makanan ringan tersebut mungkin tidak aman atau berbahaya bagi kesehatan Anda. Lalu, bagaimana memilih makanan ringan yang sehat.?
Di Indonesia secara umum, makanan apapun dapat bebas didistribusikan dan dijual tanpa harus terlebih dahulu melalui kontrol kualitas dan kontrol keselamatan. Mungkin masih terdapat lebih dari 70 persen makanan yang dijual dipasaran masih diproduksi oleh produsen tradisional, yang di sebagian besar proses produksi masih jauh dari persyaratan kesehatan dan keselamatan, akibatnya kasus keracunan makanan semakin meningkat.
Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan, karena kebanyakan makanan ringan tidak sehat untuk dikonsumsi oleh tubuh Anda. Bahan pengawet tertentu juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih makanan yang aman untuk kesehatan:
Amati warnanya, apakah mencolok atau tidak
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamati apakah makanan tersebut memiliki warna cerah yang mencolok, agak berbeda dengan warna aslinya. Makanan ringan seperti kerupuk, mie, atau es krim yang memiliki warna sangat terang dan mencolok kemungkinan telah ditambahkan pewarna yang tidak aman bagi tubuh.
Cobalah sedikit sampel
Lidah biasanya cukup mampu untuk membedakan mana makanan yang aman atau dan mana makanan yang tidak aman. Terlebih dahulu usahakanlah untuk mencicipi sampel dari makanan yang akan Anda konsumsi, makanan yang termasuk kategori tidak aman biasanya berasa tajam, membuat lidah sedikit bergetar dan membuat tenggorokan menjadi gatal.
Ciumi aromanya
Cobalah untuk menciumi aroma dari makanan tersebut. Bila memiliki bau basi, atau bau kecut maka makanan tersebut telah rusak atau sudah terkontaminasi dengan mikroorganisme.
Perhatikan komposisinya
Bacalah dengan seksama bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Mungkin saja ada bahan yang dapat mengganggu kesehatan Anda.
Perhatikan kualitas
Perhatikan kualitas makanan, kadang ada makanan yang telah bercampur dengan jamur yang dapat menyebabkan keracunan. Makanan yang berjamur menandakan bahwa proses pembuatannya tidak berjalan dengan baik atau makanan tersebut telah kadaluarsa.
Terdaftar di BPOM
Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan impor, sebelum membeli amatilah terlebih dahulu apakah makanan tersebut telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) atau tidak.
Tidak begitu sulit untuk memilih mana makanan yang aman untuk kesehatan Anda. Karena sebenarnya ada berbagai jenis makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk dijadikan cemilan atau makanan ringan di saat santai. Roti gandum dan kacang-kacangan juga dapat menjadi makanan ringan yang sehat bagi tubuh Anda. Jadi mulailah memilih makanan ringan yang sehat dengan bijak.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANEKA CEMILAN SEHAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger