feature content slider

Langkah Buat Resep Gemblong Empuk Beras Ketan serta Ketan Hitam

Resep Gemblong Beras Ketan Serta Kue Gemblong Ketan Hitam Komplit Langkah Membuatnya Agar Empuk. Ketan Gemblong yaitu camilan tradisionil atau jajanan pasar yang memiliki bentuk seperti bola lonjong yang diberi dengan gula merah atau besta serta terbuat dari tepung beras ketan serta ketan hitam. Kombinasi citarasa gurih didalam dengan manis gula merah di susunan paling luar buat kue jajanan tradisionil ini tetaplah disenangi oleh orang-orang. Umumnya di antara kita tentu lebih pilih membelinya dari pada membuatnya sendiri. Walau sebenarnya langkah buat gemblong ketan ciri khas Jawa ini sesungguhnya begitu gampang serta simpel lho. Sama dengan jajanan pasar yang lain, resep gemblong goreng ini cuma memerlukan beberapa bahan yang simpel serta gampang didapat di sekitaran kita. Terkecuali dari tepung beras ketan yang putih, kita dapat juga berkreasi dengan buat resep kue gemblong ketan hitam yg tidak kalah enak serta lezat


Langkah Buat Resep Gemblong Empuk Beras Ketan serta Ketan Hitam


Resep kue gemblong sama dengan resep tradisionil yang lain benar-benar sangat gampang serta simpel. Langkah buat gemblong dapat disebut lebih gampang jika dibanding dengan resep jajanan moderen yang lain, seperti donat JCO atau yang lain. Untuk buat Resep Gemblong itu snediri terkecuali beberapa bahan yang diperlukan tidaklah terlalu banyak, juga tidaklah perlu alat-alat moderen. Alat-alat masak moderen, seperti mixer, food processor, jus maupun oven tidak dibutuhkan jika kita juga akan buat kue gemblong goreng ini. Tinggal ditakar dengan cocok beberapa bahan yang diperlukan selalu digabung. Jadilah resep jajanan tradisionil yang enak, manis serta gurih untuk hidangan dengan keluarga terkasih.

Begitu disayangkan memanglah bila kue goreng satu ini saat ini telah tidaklah terlalu gampang untuk diketemukan. Walau sebenarnya saat zaman saya kecil dulu, penjual gemblong ketan dengan mudah diketemukan serta dibeli dengan harga begitu terjangkau. Masuknya beragam jenis jajanan moderen, seperti cheese stik, donat, makaroni serta yang lain memanglah buat beberapa orang melupakan resep gemblong goreng ketan ini. Jajanan serta camilan moderen barusan memanglah lebih menarik karna dikemas dengan bungkus yang bagus. Namun telah jadi rahasia umum kalau camilan paket umumnya memiliki kandungan MSG serta bahan pengawet yang beresiko buat kesehatan. Terlebih dikonsumsi oleh anak-anak serta dalam periode waktu lama. Walau sebenarnya langkah buat gemblong tersebut begitu gampang hingga dapat kita lakukan sendiri dir umah tanpa ada perlu saat lama.

Terkecuali kemasannya yang umumnya apa yang ada serta tidaklah terlalu menarik, makan kue gemblong berdasar sebagian rekan memanglah sedikit repot serta tidak praktis. Terlebih karna susunan luar dari kue tradisionil ini dilapis oleh gula merah yang kental untuk gemblong beras ketan serta larutan gula pasir untuk resep gemblong ketan hitam. Sering bila kita mencicipi resep gemblong tradisonal ini buat tangan jadi lengket karna gula merah barusan. Walau sebenarnya bila nikmati resep kue gemblong goreng ini memanglah paling nikmat memakai tangan segera. Rasa-rasanya nampaknya lebih gurih serta manis kulit luarnya lebih merasa lho.

Kombinasi gurihnya tepung ketan dengan besta atau gula merah diluar berikut yang jadikan resep kue gemblong ketan hitam atau putih ini banyak yang menyenanginya. Teksturnya yang sedikit cruncy didalam namun lembut di susunan besta gula merahnya memanglah menyebabkan sensasi sendiri buat pengagum berat kue jajanan tradisonal Jawa ini. Langkah buat resep gemblong ini yang paling mesti di perhatikan yaitu waktu menggorengnya agar akhirnya masak hingga di dalam serta warnanya tidak gosong. Pakai minyak yang banyak denga api tengah saja. Janganlah terlau besar apinya agar tidak gosong serta masih tetap mentah serta keras didalam gemblong gorengnya. Diluar itu janganlah umumnya dibolak balik. Cukup sekali atau dua barangkali agar kulit luarnya kelak tidak pecah. Untuk lebih detilnya, silakan lihat bahan serta langkah buat gemblong ketan hitam serta beras ketan berikut ini.

Bahan Resep Gemblong Beras Ketan Empuk 


  1. Bahan paling utama yang diperlukan yaitu tepung ketan putih lebih kurang sejumlah 200 gr saja. Tentukan tepung yang bagus serta tidak apek. 
  2. Santan asli yang di ambil dari parutan 1/2 buah kelapa lebih kurang sejumlah 125 ml saja. 
  3. Parutan kelapa lebih kurang sejumlah 100 gr saja. 
  4. Minyak goreng seperlunya ntuk menggoreng adonan kue gemblong nya. 
  5. Garam dapur sedikit saja. Dapat di hilangkan bila tidaklah terlalu sukai rasa asin (bahan untuk susunan besta gula merah). 
  6. Gula putih serta Gula merah yang telah disisir halus lebih kurang semasing sejumlah 100 gr saja (bahan untuk susunan besta gula merah). 
  7. Daun pandang fresh lebih kurang sejumlah 2 pcs. Bersihkan bersih lalu buat simpul (bahan untuk susunan besta gula merah). 
  8. Air bersih seperlunya atau lebih kurang sejumlah 150 ml saja (bahan untuk susunan besta gula merah). 

Langkah Buat Gemblong Beras Ketan 
Langkah Buat Resep Gemblong Empuk Beras Ketan serta Ketan Hitam



  1. Langkah awal rebus santan lalu aduk-aduk hingga hangat. Ingat santan jangan pernah mendidih ya agar rasa-rasanya kelak tidak beralih. 
  2. Ambillah wadah serta tuangkan tepung beras ketan putihnya dengan garam sedikit saja serta parutan kelapanya lalu aduk-aduk hingga rata. 
  3. Masukan santan sedikit untuk sedikit sembari diaduk atau diuleni ke kombinasi tepung di atas hingga kalis. 
  4. Bentuk adonan di atas mirip bulatan yang sedikit lonjong hingga habis. 
  5. Ambillah serta masukan adonan gemblong di atas dalam penggorengan serta masak hingga masak lalu sisihkan. 
  6. Saat ini kita buat besta gula merahnya. 
  7. Tuangkan air bersih dengan gula merah, gula putih serta semua bahan besta lalu campur serta aduk-aduk hingga rata, berbusa serta mengental. 
  8. Ambillah gemblong goreng barusan serta masukan dalam larutan besta di atas lantas aduk-aduk hingga tercampur rata lalu matikan apinya. 
  9. Aduk-aduk kembali hingga betul-betul rata serta biarlah hingga besta gula merahnya jadi kering serta siap dihidangkan. 

Bahan Resep Kue Gemblong Ketan Hitam 


  1. Bahan paling utama yang diperlukan yaitu tepung ketan hitam yang bagus lebih kurang sejumlah 150 gr saja. 
  2. Tepung beras ketan putih untuk kombinasi adonan gemblongnya lebih kurang sejumlah 150 gr juga. 
  3. Parutan kelapa lebih kurang sejumlah 300 gr. 
  4. Santan kelapa asli lebih kurang sejumlah 0. 1 liter atau 100 ml saja. 
  5. Garam dapur beryodium lebih kurang sejumlah 1/2 sendok kecil. 
  6. Minyak goreng seperlunya untuk menggoreng gemblongnya. 
  7. Gula pasir putih lebih kurang sejumlah 150-180 gr saja (bahan untuk susunan besta). 
  8. Air bersih seperlunya atau lebih kurang sejumlah 4 sendok makan (bahan untuk susunan besta). 
  9. Sejumput garam dapur beryodium atau lebih kurang sejumlah 1/8 sendok kecil (bahan untuk susunan besta). 

Langkah Buat Gemblong Ketan Hitam 


  1. Masak santan dengan garam dapur lalu aduk-aduk hingga hangat saja lalu sisihkan. 
  2. Ambillah wadah serta masukan tepung ketan hitam, tepung ketan putih, parutan kelapa serta garam dapur beryodium lantas aduk serta campur hingga betul-betul rata. 
  3. Masukan santan yang telah dihangatkan barusan sedikit-demi sedikit sembari diuleni sambai betul-betul kalis. 
  4. Sesudah kalis ambillah sedikit adonan gemblong ketan hitamnya lalu bentuk dengan rapi. Ulangilah hingga adonan habis. 
  5. Sediakan wajan serta goreng gemblong ketan hitam hingga masak serta mengambang lalu tiriskan. 
  6. Saat ini kita buat susunan gula putihnya. Masak gula putih berserta dengan garam sejumput serta air nya serta aduk hingga rata serta mengental. 
  7. Masukan gemblong ketan hitam gorengnya dalam larutan gula barusan lantas aduk hingga rata serta matikan apinya. 
  8. Aduk kembali sebentar hingga betul-betul rata lalu biarlah hingga dingin. 

Usai telah langkah buat gemblong goreng beras ketan serta gemblong ketan hitam di atas. Begitu gampang serta simpel bukanlah langkah buat kue gemblong barusan. Walau bagaimanapun, resep gemblong ini tidak kalah enak serta tidak kalah lezat bukanlah dengan bermacam resep moderen yang lain.


Baca Juga : Kopi Luak Premium

Baca Juga : Tentang Kopi

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANEKA CEMILAN SEHAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger