feature content slider

Resep Cilor Tusuk Khas Bandung Enak Gurih

Cilor tusuk enak

Resep Cilor Tusuk Khas Bandung Enak Gurih

Cilor atau cilok telor yaitu makanan jajanan anak-anak yang terbuat dari tepung tapioka. Jajanan yang datang dari Jawa Barat ini, umumnya dijajakan beberapa pedagang di sekolah-sekolah SD maupun di pusat-pusat keramaian. Walau harga nya murah dan meriah, namun rasa-rasanya yang gurih serta saus pedasnya yang mantap buat remaja serta orang dewasa juga menyukainya. Jajanan dari tepung tapioka sesungguhnya tidak cuma cilor. Telah mulai sejak lama bermacam jajanan anak-anak memiliki bahan basic tepung tapioka atau tepung aci ini keluar dengan beragam bentuk serta beragam nama yang semua tetap masih disenangi sampai sekarang ini, misalnya yakni : cireng : aci yang digoreng, cilung : aci yang digulung, cimol : aci yang digemol, berarti dibuat bulat-bulat lantas digoreng, serta cilok : aci yang dicolok.

Jajanan-jajanan itu saat ini tidak cuma bisa didapati di lokasi Jawa Barat saja, tetapi juga sudah menebar di kota-kota yang lain. Terkecuali makin popular, variannya juga bermunculan, umpamanya saja cireng. Awalannya polos saja lantas orang mulai menikmatinya dengan bumbu rujak sampai di kenal jadi rujak cireng. Ada pula cireng yang keriting, juga cireng yang di beri isi seperti bakso, kornet, keju, ayam, sosis, dan lain-lain. Terkecuali cireng, product beda yang variannya selalu jadi bertambah yaitu cilok. Awalnya orang mengetahui cilok saja, lantas ada cilok kerupuk atau cipuk, lantas ada cilok goreng atau cigor, setelah itu keluar cilor atau cilok telor. Dibanding dengan cilok umum, cilor pasti lebih istimewa karna memakai telur ayam, namun pada intinya, langkah membuatnya nyaris sama juga dengan cilok umum. Anda tentu dapat membuatnya sendiri. Terlebih bahan-bahannya juga semua simpel serta gampang didapat.

Untuk buat cilor dengan resep seperti berikut ini, Anda butuh lebih dulu buat cilok dari adonan biang yang dibuat sampai menggumpal, lantas sesudah agak dingin baru ditambah dengan tepung tapioka serta diuleni. Setelah itu dibuat bulat bulat serta di rebus. Setelah mengapung pertanda masak, dapat diangkat serta di beri tusukan sate, lantas dicelup dalam kocokan telur ayam, untuk setelah itu digoreng. Inilah resep sedetailnya :

Cilor tusuk enak

Resep Cilor Tusuk Ciri khas Bandung
Bahan adonan biang :

Air sejumlah 200 cc
Tepung terigu sejumlah 100 g
Seperlunya garam
Seperlunya merica bubuk
Seperlunya kaldu bubuk
Bahan cilor :

Tepung tapioka atau tepung aci sejumlah 100 g
Bahan celupan :

Telur ayam sejumlah 1 butir, kocok lepas
Langkah buat Cilor Tusuk Ciri khas Bandung
Masukan beberapa bahan adonan biang dalam satu panci, aduk sampai rata serta tak ada sisi yang menggerindil, lantas masak dengan api kecil saja hingga membuat gumpalan.
Sesudah menggumpal selekasnya matikan api, serta biarlah dahulu adonan hingga agak dingin.
Setelah itu sedikit untuk sedikit tepung tapioka dapat dimasukkan ke dalamnya sembari selalu diaduk sampai rata serta jadi adonan yang dapat dibuat.
Sediakan dahulu panci diisi air serta masak sampai mendidih, lantas buat bentuk bulatan kecil dari adonan barusan, masukan kedalam panci, serta masak sampai masak. Cilok yang telah masak juga akan mengapung, jadi dapat selekasnya diangkat.
Sesudah ditiriskan sebentar, cilok dapat dimasukkan tusukan sate dengan jumlah sesuai sama selera, dapat sampai 4-5 untuk tiap-tiap tusukan.
Setelah semuanya cilok di beri tusukan, celupkan semasing kedalam kocokan telur serta putar hingga rata.
Goreng cilor sampai masak serta warnanya jadi agak cokelat.
Sesudah semua usai digoreng, cilor dapat dihidangkan hangat dengan saus tomat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANEKA CEMILAN SEHAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger