feature content slider

Resep Langkah buat Empek Empek Sutra Empuk Enak

Resep Empek Empek Sutra Ciri khas Palembang Bersama Panduan Langkah Membuatnya Yang Gampang, Cepat serta Lebih Praktis. Siapa yg tidak ketahui serta mengetahui satu diantara makanan camilan ciri khas Kota Palembang ini. Ya, empek empek Palembang benar-benar sangat populer sekali karna rasa-rasanya yang enak serta lezat. Bukan sekedar di kota besar, di kota kecil bahkan juga hingga pelosok gang gang kampung juga dengan gampang dapat kita dapatkan penjual makanan ini. Nah, kesempatan ini kita juga akan coba langkah buat empek empek sutra. Buat yang belum juga tahu, resep pempek sutra ini adalah satu diantara resep macam paling baru dengan struktur yang lebih lembut serta rasa-rasanya juga lebih enak. Bila dari memiliki bentuk sich sama serta sama, hanya bahan serta bumbu yang dipakai sedikit berlainan hingga terwujud struktur rasa resep pempek yang lebih empuk serta enak dari pada yang umumnya.

Resep Langkah buat Empek Empek Sutra Empuk Enak


Seperti juga resep pempek Palembang lenjer atau yang lain, resep kali ini dapat juga kita modifikasi sendiri sesuai sama citarasa kegemaran masing masing. Biasanya sich memanglah resep empek empek sutra Palembang memakai ikan tengiri jadi satu diantara ciri khasnya. Namun bila memanglah kebetulan stock ikan tengirnya sekali lagi kosong di freezer atau memanglah agak sulit mencarinya dapat ditukar dengan juga udang, daging sapi maupun daging ayam. Yang perlu komposisi bahan yang lain, seperti tepung, telur serta bumbu empek empek yang lain sama. Untuk langkah buat empek empek sutra ini serupa sekali serta dapat disebut sama kok seperti kita buat type makanan ciri khas Palembang yang lain.

Bila rekan rekan telah sempat buat empek empek lenjer Palembang tentu akan tidak kesusahan untuk buat pempek sutra ini. Ya, langkah membuatnya dapat disebut serupa sekali. Bahan bahan yang dipakai untuk buat resep empek empek sutra ini dapat juga disebut nyaris sama, cuma mungkin saja komposisi serta perbandingan jumlah tepung terigu serta tepung tapioka atau tepung sagu taninya yang sedikit berlainan (dianjurkan untk menggunakan tepung sagu tani agar lebih empuk serta enak). Untuk resep yang juga akan kita buat kesempatan ini perbandingan pada ke-2 bahan paling utama itu jumlahnya sama hingga struktur serta tingkat kekenyalannya lebih empuk serta rasa-rasanya lebih enak dibanding resep umumnya.

Mungkin saja terdapat banyak rekan atau anggota keluarga yg tidak sukai dengan aroma ikan tengiri atau jadi alergi dengan resep masakan ikan, bahan ikan yang dipakai dapat ditukar kok dengan udang, daging ayam maupun daging sapi. Meskipun berlainan dengan resep aslinya, rekan rekan tidaklah perlu cemas kwalitas serta rasa yang dibuat keduanya sama enak serta buat ketagihan kok. Sudah pasti terkecuali resep langkah buat empek empek sutra nya, untuk hasilkan makanan ciri khas Palembang yang enak serta lezat juga memerlukan saus cuka atau umum dimaksud cuko yang enak serta cocok rasa-rasanya. Untuk yang telah tidak sabar, silakan lihat langkah buat empek2 bersama bahan bahan apa sajakah yang diperlukan berikut ini.

Resep Langkah buat Empek Empek Sutra Empuk Enak


Bahan bahan Untuk Buat Resep Empek Empek Sutra Enak serta Empuk 


  1. Bahan paling utama yang diperlukan berbentuk ikan tengiri yang telah difillet lebih kurang 1 ekor. Bersihkan lantas potong potong kecil agar gampang waktu dihaluskan. Dapat pula ditukar dengan daging, ayam maupun udang yang telah dihaluskan. 
  2. Tepung terigu yang telah diayak halus lebih kurang sejumlah 1 gelas saja. 
  3. Tepung sagu tani atau tepung tapioka lebih kurang sejumlah 1 gelas juga. 
  4. Bawang putih yang telah dihaluskan lebih kurang sejumlah 5 pcs saja. 
  5. Garam dapur beryodium seperlunya sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 2 sendok kecil saja. 
  6. Telur ayam lebih kurang sejumlah 2 butir saja. 
  7. Daun bawang bila sukai seperlunya. Bersihkan bersih lantas cincang halus sebelumnya digabungkan dengan bahan yang lain. 
  8. Air bersih seperlunya. 
  9. Kaldu untuk menguatkan rasa bila sukai. Dapat di hilangkan bila tidaklah terlalu sukai pempek yang beraroma kuat. 

Langkah Buat Empek-empek Sutra Ciri khas Palembang Yang Praktis serta Cepat 

Langkah awal haluskan fillet ikan, daging, ayam maupun udang yang juga akan digunakan dengan air masak seperlunya. Dapat memakai jus dengan di beri sedikit air agar gampang.



Sediakan wadah untuk adonan yang agak besar lalu tuangkan blenderan ikan dengan garam dapur, telur ayam, lebih kurang 1 gelas air serta daun bawang yang telah dicincang halus lalu aduk aduk hingga rata.

Tuangkan tepung sagu serta tepung terigunya sedikit untuk sedikit hingga tercampur rata serta tak ada gumpalan gumpalan tepung. Bila kurang dapat ditambahkan sedikit air, namun ingat jangan pernah sangat encer ya (struktur yang bagus tidaklah terlalu cair).

Ambillah satu plastik bungkus es serta masukan adonan di atas kedalamnya lalu tutup rapat. Janganlah lupa berikan sedikit ruangan karna kelak adonannya juga akan sedikit mengembang.

Sediakan kukusan serta kukus adonan pempek di atas hingga benar benar masak atau lebih kurang sepanjang 20 menit hingga 25 menit saja. Dapat pula di rebus di air mendidih hingga masak.

Bahan Serta Langkah Buat Cuko Pempek Sutera Ciri khas Palembang 


  1. Bahan paling utama yang diperlukan yaitu gula merah kwalitas bagus lebih kurang sejumlah 130 gr saja atau sekitaran 5 sendok gula merah yang telah disisir. 
  2. Bawang putih ukuran tengah besar lebih kurang sejumlah 5 pcs saja. Kupas kulitnya lantas potong potong agar gampang kelak waktu juga akan diuleg halus.  
  3. Asam jawa lebih kurang sejumlah 2 sendok saja. 
  4. Buah cabai merah atau cabai galak seperlunya sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 8 hingga 11 pcs. 
  5. Gula pasir seperlunya sesuai sama selera atau lebih kurang sejumlah 1 sendok makan saja. 
  6. Garam dapur beryodium seperlunya sesuai sama selera. 
  7. Air bersih masak seperlunya untuk bahan campurannya. 
  8. Langkah Membuatnya : langkah awal haluskan bawang putih yang telah dikupas dengan buah cabai rawit, gula pasir seperlunya serta garam dapur seperlunya hingga halus rata. 
  9. Sediakan panci ukuran tengah kecil serta berikan air bersih seperlunya lantas masak hingga mendidih. 
  10. Masukan bahan yang telah diuleg halus di atas kedalam panci serta berikan gula merah yang telah disisir halus serta asam jawanya. 
  11. Aduk aduk serta masak hingga airnya sedikit menyusut atau lebih kurang sepanjang 30 menit. 
  12. Matikan kompornya serta saring agar kotoran yang mungkin saja melekat dari gula merahnya serta ampas yang lain hilang. 

Usai telah langkah buat empek-empek sutra dengan bahan ikan, ayam, udang maupun daging gilingnya. Rekan rekan tinggal memotong pempek sutra nya sesuai sama ukuran lantas goreng hingga beralih warna kuning kecoklatan. Masukan di mangkok atau piring serta siram dengan cuko serta sebagian rajangan timun agar lebih fresh serta menarik selera. Meskipun resep empek empek sutra ini belum juga sangat populer, namun bila problem rasa tidak kalah lho dibanding dengan resep yang lama.


Baca Juga : Kopi Luak Premium

Baca Juga : Tentang Kopi
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANEKA CEMILAN SEHAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger